Langsung ke konten utama

Orang-Orang Lemah

“Apakah mereka sudah bercerita padamu, wahai Atiq?”
“Maksudmu Muhammad al-Amin?” Jawab seseorang berperawakan kurus, bermata cekung dan berkulit putih. Pembawaannya menunjukkan kedudukannya yang tinggi di kalangan Quraisy. 

Percakapan ini mengalir singkat, ocehan Abu Jahal berseliweran di telinga Atiq bin Abi Quhafah yang kemudian lebih dikenal sebagai Abu Bakar. Ekspresi Abu Bakar tidak seperti harapan lawan bicaranya. Wajahnya sumringah, berseri, seperti Majnun yang mendapati Layla di hadapannya. “Jika dia (Muhammad) bilang begitu, berarti benar.” Jawaban Abu Bakar mendengung ke setiap sudut Makkah, kelak semakin nyaring menggema, menggelar. Inilah keimanan Abu Bakar yang bakal membawa banyak keberkahan. Kalimatnya yang barusan akan sering terulang ketika fitnah berdatangan atau ketika orang lain menaruh syak akan ucapan Rasul.

Abu Bakar adalah batu bata merah dalam bangunan dakwah. Manuver dakwah Abu Bakar menjelaskan kualitas keislaman yang tidak butuh pembuktian ulang. Setiap level masyarakat Makkah memiliki bagian pada Abu Bakar. Sebab inilah yang memuluskan orang-orang berislam melalui seruannya. Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf—saat itu keduanya berusia tiga puluhan tahun, Saad bin Abi Waqqash, Zubair bin Awwan dan Thalhah bin Ubaidillah—ketiganya berusia belasan tahun—adalah sebagian dari buah dakwah Abu Bakar.

Capaian dakwah Abu Bakar menunjukkan bahwa yang mula-mula menerima dakwah bukanlah orang-orang lemah. Mereka bukan seperti yang dituduhkan pembenci Nabi bahwa assabiqunal awwalun adalah kaum lemah yang tergerak karena motivasi duniawi. Keberadaan kaum lemah memang mewarnai dakwah yang permulaan tapi tidak mengambil bagian dominan. Jumlah mereka hanya sekitar tiga belas orang sampai tahun ketiga kerasulan. Bilal adalah contoh terbaik golongan budak yang bergegas masuk Islam tapi masyarakat kafir Quraisy pun insaf bahwa keteguhan Bilal ketika disiksa Umayyah tidak mungkin berawal dari motivasi duniawi.

Dakwah semakin lestari melalui Abu Bakar, shahabat lain dan terutama Rasulullah sendiri. Selain kelima orang yang disebutkan sebelumnya, gerbong pertama juga ditempati Khadijah, Ali, Fatimah adiknya Umar bin Khattab, Jakfar bin Abi Thalib, Abu Hudzaifah saudara iparnya Abu Sufyan dan Said bin Zaid bin Amr yang semuanya berasal dari kalangan mulia. Sekali lagi, kenyataan ini mengukuhkan bahwa seruan pertama agama ini disambut lantaran Islam memang tidak bisa ditolak oleh pemilik kecerdasan hati dan kejernihan pikiran. Wallahu a’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abu Abu-Abu Abbasiyah

  Ada tiga fitnah (ujian) besar yang pernah menimpa umat Islam sepeninggal Rasulullah. Pertama, pembunuhan Utsman bin Affan. Ini adalah pemantik awal lahirnya perang saudara berkepanjangan. Kedua, Perang Jamal antara Aisyah binti Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib. Perang ini dikabarkan menelan korban hingga delapan belas ribu shahabat. Fitnah ketiga, konflik al-Walid II dan Yazid III. Ujung dari konflik tersebut adalah naiknya Marwan II yang merupakan khalifah terakhir Bani Umayyah. Pemerintahan Marwan II dikudeta oleh pasukan Abul Abbas As-Saffah dan Abu Muslim Al-Khurasani. Sesuai namanya, Abul Abbas adalah sosok yang kejam sesuai gelarnya yang berarti “penumpah darah”. Daftar kekejamannya bisa dibaca di bukunya Hamka, Sejarah Umat Islam, atau dalam kitab-kitab klasik tentang sejarah Islam. Ibnu Atsir, misalnya, menceritakan bahwa Abul Abbas pernah makan malam di atas mayat-mayat anggota Bani Umayyah. Bani Umayyah memang dibabat habis saat Abbasiyah didirikan, bahkan kuburan keraj

Peran Sejarah

Semilir angin Makkah menggerakkan jenggot di bawah bibir manyun Abu Jahal dan para sekutunya. Makin ruwet saja urusan mereka dengan Rasulullah. Sudah lima tahun #Islam menjadi trending topic di kota penuh berhala itu. Hate speech dan hoaks tidak mampu membendung laju dakwah. Musuh-musuh Rasul makin naik pitam dan meningkatkan tensi intimidasi fisik sehingga orang-orang lemah dari kaum muslimin mengalami penderitaan yang mengerikan. Di masa-masa berat itulah Allah mewahyukan Surah Alkahfi. Alih-alih berisi ayat tentang kesabaran atau bagaimana menghadapi ketidakadilan, Surah Alkahfi justru dipenuhi dengan kisah. Menurut para ulama, hikmah tersembunyi dari surah menjadi gamblang ketika Rasulullah berkata, “berpencarlah kalian di muka bumi ini!” Para shahabat bertanya, “kemana kami harus pergi, ya Rasulallah?” “Ke sana,” jawab Rasul sambil menunjuk ke arah Habasyah. Rupanya Rasul mengambil ibrah dari kisah hijrahnya pemuda Kahfi yang menjadi korban persekusi di masanya. Pengarusutamaan

Biner

Saya pernah mengikuti seleksi kerja yang cukup menjanjikan, nilai ujian tulis saya aman, sesi ujian lainnya juga lancar. Saya optimis lulus tapi kenyataan tidak, ternyata sudah ada nama yang dipastikan lulus sebelum ujian dimulai. Dia tidak lolos ujian tulis lalu panitia mengubah ambang batas kelulusan menyesuaikan nilainya. Alhasil, pekerjaan itu tidak saya dapatkan tapi saya belajar bahwa hidup ini tidak hitam putih. Secara teknis saya gagal tapi situasinya tidak sesederhana itu, ada faktor yang tidak bisa saya kendalikan yang membuat tidak adil jika pilihannya hanya gagal dan sukses. Saya tidak sedang menghibur diri tapi hidup memang tidak selalu menyajikan dua pilihan yang berlawanan. Selalu ada wilayah abu-abu. Ketika nenek moyang kita masih hidup di alam liar bersama predator mereka dituntut untuk berpikir cepat antara bertarung atau lari. Hanya ada dua pilihan. Pola pikir sederhana ini menentukan hidup dan mati mereka. Cara berpikir yang menyederhanakan pilihan-pilihan kompleks

Pencil, Penis Kecil

  Aristophanes, penulis drama masa Yunani Kuno menggambarkan ciri-ciri pria ideal sebagai “dada yang berkilau, kulit cerah, bahu lebar, lidah kecil, bokong kuat, dan penis kecil”. Patung-patung pria Yunani yang kita lihat di internet nampaknya memvalidasi ucapan Aristophanes, penis mereka imut! Bagi orang-orang Yunani Kuno penis kecil adalah penanda seseorang tidak dikalahkan oleh nafsunya. Itulah sebabnya patung dewa atau pahlawan memiliki penis yang kecil dan tidak ereksi. Penis besar adalah milik orang-orang bodoh yang logikanya dikalahkan oleh nafsu syahwat. Satyr sing manusia setengah kambing yang suka mabuk adalah salah satu yang divisualisasikan memiliki penis besar. Perkara penis pernah jadi tema penting di beberapa peradaban. Britania Raya era Victoria pernah dirisaukan bukan karena ukuran penis mereka tapi karena warganya yang hobi mengocok penis alias onani. Onani nampaknya memang dibenci banyak pihak. Injil pun menceritakan kebencian tuhan kepada Onan yang membuang-buang

Perkara Payudara

  ما حكم لبس النساء حمالات الثدي ؟ لبس حمالات الثدي يحدده، ويجعل النساء كواعب، فتكون بذلك مثار فتنة، فلا يجوز لها أن تظهر به أمام الرجال الأجانب منها . “ Apa hukum memakai BH bagi perempuan? Jawaban Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi : Memakai BH mengakibatkan bentuk payudara menjadi tampak dan membuat para perempuan tampak lebih muda sehingga mereka menjadi sumber fitnah. Oleh karena itu, mereka tidak boleh memakainya di hadapan para lelaki yang bukan mahramnya .” Fatwa ini rasa-rasanya hanya mengandalkan sudut pandang laki-laki yang kurang mengerti serba-serbi per-BH-an, tapi saya tidak ingin mengulas sisi itu. Saya sudah pernah menulis tentang sejarah kutang, kali ini saya ingin membahas tentang isinya: payudara. Sekian lama saya berpikir kenapa laki-laki normal menyukai payudara. Secara ilmiah melihat payudara terbukti membuat laki-laki menjadi tenang dan bahagia, artinya ini bukan hanya soal seks. Sejumlah riset juga membuktikan bahwa hal pertama yang dilihat