Langsung ke konten utama

Sepuluh


Sebentar lagi Google bakal merilis penerus Android Pie. Selama ini Android selalu dinamakan dengan berbagai jenis makanan secara alfabetis. Apakah nama berikutnya adalah Quaker Oats? Tidak. Android berikutnya akan disebut Android 10. Alasannya biar lebih simpel dilafalkan segala penutur bahasa. Di luar alasan itu, angka "sepuluh" memang cukup populer di Silicon Valley.

Sebelum diubah jadi MacOs, sistem operasi Mac-nya Apple bernama OsX (X adalah angka Romawi untuk 10). iPhone terbaru disebut iPhone X padahal edisi sebelumnya adalah iPhone 8, bukan iPhone 9. Sebelumnya, Microsoft sudah duluan melewati angka 9 dalam penamaan Windows, dari Windows 8.1 lompat ke Windows 10. Konon, lompatan 8 ke 10 menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dalam update yang digulirkan.

Angka sepuluh juga populer dalam Alquran. Dalam Al Fajr, Allah bersumpah dengan 10 malam. Masa Iddah wanita adalah empat bulan lebih 10 hari. Kafarat sumpah adalah memberi makan 10 orang miskin. Balasan amal baik dilipatgandakan 10 kali. Nabi Musa ditawari kerja 10 tahun oleh Nabi Syuaib. Masih banyak 10 yang lainnya.

Angka 10 di Silicon Valley dan Alquran gak ada hubungannya, bukan konspirasi, gak usah dipikirin dengan rumus cocokologi. Ya ora perlu mikir ngapa aku kok kepikiran nulis tema gak jelas ngene iki. Wawasanku pancen liar, ehe! Ya karo ben Kisanak nyadar yen gak ada Windows 9 karo iPhone 9, plus browsing "Silicon Valley" kuwi maksudé apa. Wadidaw!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaget

Selama berabad-abad umat Islam merasa paling hebat di muka bumi. Mereka menganggap dirinya sebagai komunitas dengan peradaban paling maju. Sebelum era perang salib, cendikiawan muslim biasa memandang rendah Eropa, menyebut mereka terbelakang dan jauh dari kemajuan sains. Ibnu Khaldun yang hidup di abad ke-14 pun masih berpendapat seperti itu. Pandangan itu lestari hingga berabad-abad bahkan sisanya masih ada sampai hari ini. Seperti kata Lockdown kepada Optimus Prime dalam “Age of Extinction”, manusia adalah makhluk naif yang menganggap dirinya sebagai pusat semesta. Padahal, ia hanya belum tahu bahwa ada yang melebihi dirinya.
Rasa percaya diri komunitas muslim di Mesir goyah ketika negeri itu tiba-tiba diinvasi orang-orang Eropa yang selama ini diremehkan. Tahun 1798, Napoleon yang baru berusia 28 tahun memasuki bekas wilayah kekuasaan Amru bin Ash itu. Empat puluh ribu pasukan mendarat di Aleksandria, menyadarkan kaum muslim bahwa dunia sudah tidak seperti yang mereka pikirkan. Pa…

Shalat Ekspres

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam senantiasa menjaga shalat sunnah, terutama shalat sunnah sebelum subuh. Menariknya, shalat qabliyah tersebut dikerjakan secara ekspres, lebih singkat dibanding shalat lainnya. Saking singkatnya, Aisyah pernah berkomentar dengan heran, “Apakah beliau di dua rakaat tersebut membaca Alfatihah?” Para ulama berkomentar bahwa kalimat Aisyah hanyalah hiperbola untuk menegaskan betapa ringannya shalat yang Rasulullah dirikan. Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa Rasulullah membaca Al-kafirun dan Al-ikhlas setelah Alfatihah dalam shalat qabliyah Subuh. Rasulullah pernah shalat malam empat rakaat dengan membaca Albaqarah hingga akhir Almaidah, alias enam seperempat juz. Jika lamanya shalat qabliyah Subuh dibandingkan dengan shalat tersebut tentu saja komentar hiperbolis Aisyah terasa pas.
Perbedaan durasi shalat sunnah Rasulullah secara implisit menggambarkan keluhuran akal budi beliau shallallahu ‘alahi wa sallam. Tentu tidak bijaksana bila Rasulullah …